Belajar Sabar Lagi, Umar's Toilet Training

Jadi, minggu ini ku berencana melatih Kakak Umar untuk BAK dan BAB di toilet. Alasannya, jelas ya pospak menjadi sampah yang tidak bisa didegradasi. Sedih melihat tumpukan popok yang berakhir tidak kemana-mana dan mengganggu pula 😭. Kedua, secara ekonomi membuang uang padahal kan uangnga bisa dipake jajan Ummu Umar 😳.

Baru kami mulai tadi, alhamdulillah rekor hanya pakai 1 pospak hari ini! 😘. Sisanya pakai celana biasa yang kalau BAK pasti tembus ke lantai, disinilah aku harus bersabar menghadapi kenyataan sambil pel lantai.

Awalnya aku terinspirasi dari seorang ibu yang sudah melatih anaknya sedari usia awal kelahiran. Aku kagum dan terinspirasi untuk praktik. Walaupun begitu, baru bisa berjalan dengan niat yang kokoh hari ini.

Kumulai dengan langsung membawa Umar ke toilet pada saat bangun tidur. Alhamdulillah berhasil BAK di toilet. Sebenarnya Umar hampir selalu BAK di toilet pada saat bangun tidur, thanks to diligent Nenek.

Setelah sarapan, aku melihat gelagat aneh pada Umar, seperti sedang mengejan. Akhirnya ku tanya ngobrol Umar, walaupun doi belum bisa jawab, "Umar mau BAB ya?" Berkali-kali kutanya, tidak ada jawaban 😂. Akhirnya langsung kugiring ke toilet, diposisikan di kloset. Tunggu beberapa saat, tada! Jadilah BAB di toilet. Emak bahagia! Karena ga harus berurusan dengan pospak bau dan ramah lingkungan!

Semakin siang, aku hanyal tinggal menunggu BAK saja, sambil terus kuperhatikan gelagatnya. Ternyata masih sulit diprediksi sehingga akhirnya BAK di tempat. Terpaksa ngepel lagi ngepel lagi. Memang yang paling mudah adalah momen setelah bangun tidur dan momen sesudah makan dan minum. Tapi kalau kuperhatikan, Umar hampir BAK setiap jam sekali.

Tadi malam, karena kukira akan tidur sebentar lagi, kupakaikan pospak. Kami belum ke kasur, masih diam di ruang keluarga. Kulihat Umar gelisah, seperti ada yg mau disampaikan. Disaat ini harusnya aku cukup peka karena ternyata Umar sedang mengungkapkan perasaannya untuk BAK. Sayang, emak kurang peka, jadilah pospak basah. Tapi Ummi banggaaaaa padahal baru latihan 1 hari, Umar sudah menunjukkan kemajuan.

Semoga kami bisa terhindar dari perilaku nyampah dan buang uang ini. Aamiin

Comments

Popular posts from this blog

Ramadhan Jadi Ibu

Be Grateful First